1. Masa Pembuahan Sampai Lahir

Kehamilan diadahului dengan pembuahan ( fertilisasi) .Pembuahan terjadi karena sel sperma bertemu dengan sel ovum.Pembuahan akan menghasilkan zigot selanjutnya, zigot akan bertmumbuh di rongga rahim. Setelah 4 – 6 minggu ,zigot akan menjadi embrio. Pada usia 4 minggu, panjang embrio 7 mm. Pada bulan ke 2 , embrio berukuran sekitar 4 cm. Pada bulan ke 3, embrio kemudian disebut janin (fetus).Panjangnya sekitar 5-8cm beratnya 10-45 g. Pertumbuhan yang sangat mencolok selama bulan ke 3 ,4 ,5. panjang janin sekitar 15 -19 cm beratnya 250 -450 gram.

Didalam rahim ibu , janin dilindungi oleh selaput dan cairan (airketuban). Bayi biasanya lahir pada usia kandungan 38 minggu / 266 hari. Pada saat lahir , berat badan janin 3 -3,5 kg dengan panjang sekitar 50 cm.

2. Masa setelah lahir

Bayi akan bernafas bergitu lahir , paru ” mulai berfungsi. setelah itu lengan dan kaki serta paha akan tumbuh lebih cepat dari kepala . setelah lahir manusia mengalami tahap” perkembangan mulai dari masa kanak” sampai dewasa. Masa pertumbuhan laki” akan terhenti pada umur 22 tahun serta wanita umur 18 thun. biasanya pada umur 11 thn wanita lebih tinggi dibanding laki” tetapi ketika umur 14 thn laki” akan menyusul ketinggalannya.

Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh makanan terutama makanan yang mengandung protein , vitamin seperti daging, ikan tempe , susu dan buah”an . Hormon jg menjadi salah satu  hal yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan yaitu hormon tumbuh dan hormon kelenjar gondok  (tiroksin)

Masa anak – anak

dimulai  sejak lahir hingga remaja. Bayi membutuhkan air susu ibu (ASI) kurang lebih 12 bulan. pada saat berumur 1 bulan gigi susu mulai tumbuh.

Pada usia sekitar 3 tahun anak-anak mulai berbicara kalimat pendek. Anak belajar menggambar membaca dan melakukan aktivitas. Menjelang usia 10 tahun anak” sudah mencari teman , mereka sudah tahu cara berbagi dan bekerja sama dengan orang lain.